Harapan Untuk Indonesia


Indonesia terkenal sebagai negara yang memiliki keindahan yang luar biasa. Pulau- pulau yang berjumlah ribuan membentang dari sabang hingga merauke dan dihubungkan oleh perairan yang luasnya melebihi daratan Indonesia. Hal ini membuat Indonesia disebut sebagai negara maritim dan kepulauan. Sumber daya alam yang dimiliki Indonesia sangatlah beraneka ragam, sehingga mengundang perhatian negara lain untuk berkunjung. Selain itu, Indonesia terkenal karena banyaknya suku yang mendiami berbagai wilayah Indonesia dengan bahasa, budaya, serta tradisi yang berbeda-beda. Namun perbedaan yang ada tidaklah mengakibatkan perpecahan, karena dengannya Indonesia menjadi bangsa yang memiliki rasa toleransi yang tinggi dan menghargai budaya lain. Bangsa ini didiami oleh rakyat yang ramah dengan rasa solidaritas yang tinggi yang dipersatukan dalam satu bahasa yaitu bahasa Indonesia.
Melihat potensi yang dimiliki oleh Indonesia, harapan saya sebagai pemuda generasi penerus bangsa adalah Indonesia dengan segala hal yang saat ini Indonesia miliki, Indonesia bisa menjadi negara yang  maju bahkan lebih maju daripada negara-negara barat. Semoga Indonesia dapat memperbaiki segala hal yang saat ini masih menjadi faktor terhambatnya Indonesia menjadi negara maju. Seperti kemiskinan yang saat ini angkanya ada di bawah 10% tepatnya 9,82%, meski angka itu turun dari tahun sebelumnya, saya berharap angka kemiskinan bisa terus menurun mencapai 0%, sehingga rakyat Indonesia dapat hidup dalam kedamaian dan kelayakan.
Selain itu, saya berharap agar mutu pendidikan Indonesia  membaik agar para murid merasa senang saat belajar tanpa harus merasa tertekan karena paksaan. Dan semua anak bangsa, tanpa memandang status sosial dapat merasakan nikmatnya pendidikan. Karena dengan pendidikan yang baik, kejahatan yang ada di Indonesia dapat diminimalisir, mengingat saat ini ada begitu banya kejahatan yang terjadi. Baik kejahatan kerah putih (white collar crime) yang dilakukan oleh para pejabat seperti korupsi, maupun kejahatan kerah biru (blue collar crime) yang dilakukan oleh rakyat kecil. Dan juga masalah sampah yang selama ini menumpuk bisa teratasi dengan baik agar Indonesia menjadi negara yang bersih dan nyaman. Dan juga perhatian yang pemeritah berikan bukan hanya untuk kota-kota besar saja, karena sebenarnya jauh di pedalaman Indonesia masih banyak desa desa yang memerlukan perhatian lebih, baik dari segi pendidikan maupun infrastruktur.
Yang saya harapkan dari Indonesia selain hal-hal diatas adalah Indonesia mau menghargai karya yang telah diperjuangkan oleh para pemuda bangsa ini, bukan hanya penghargaan singkat belaka, melainkan juga memberi fasilitas kepada pemuda Indonesia untuk membuat karya prakteknya menjadi nyata dan dapat digunakan dalam keseharian masyarakat. Sehingga, Indonesia dapat membuktikan pada dunia bahwa Indonesia mampu membuat hal-hal yang sama baiknya atau bahkan lebih baik daripada milik mereka.
Selain itu, saya berharap Indonesia dapat mengelola sumber daya alam yang kita miliki dengan baik. Sehingga, kita tidak hanya menghasilkan barang mentah saja melainkan kita juga harus bisa mengolahnya dengan mempekerjakan sumber daya manusia milik Indonesia sendiri. Saya berharap agar Indonesia tidak menyiayiakan sumber daya alam dan sumber daya manusia yang ada. Dan juga saya menginginkan Indonesia memiliki jalanan yang terbebas dari kemacetan, transportasi umum yang ramah lingkungan, wanita, lansia dan anak-anak dan rumah sakit gratis bagi mereka yang kurang beruntung.
Harapan saya pada bangsa ini yang paling saya harapkan adalah agar para pejabat petinggi rakyat sadar akan beratnya amanat yang mereka emban, sehingga mereka melaksanakan pekerjaan karena dororngan hati dan rasa ikhlas ingin membangun negara ini menjadi lebih maju bukan karena kekuasaan dan uang. Karena keinginan memiliki kekuasaan itulah yang membuat para pejabat menjadi berlomba-lomba untuk korupsi. Sehingga dengan dorongan hati, keikhlasan dan kesadaran yang dimiliki setiap pejabat, Indonesia menjadi negara yang bebas dari korupsi. Dan bebas dari narkoba dan minuman keras.  Dan juga Indonesia dapat dikenal dunia karena budayanya yang unik dan beranekaragam sehingga dapat meningkatkan perekonomian Indonesia karena banyaknya wisatawan yang mengunjungi Indonesia. Semua hal itu dapat terwujud apabila seluruh rakyat Indonesia bersatu untuk mewujudkan Indonesia yang maju, bersih dan sehat. Selain itu diperlukan komitmen yang kuat dalam mencapai harapan yang diinginkan.
Lantas, sebagai pemuda apa yang akan saya lakukan untuk membawa Indonesia menjadi negara maju sesuai apa yang kita inginkan? Tidak perlu melakukan hal-hal besar untuk membuat perubahan, karena sekecil apapun itu usaha yang kita lakukan, jika hal itu bersifat positif maka akan berdampak baik pada kemajuan Indonesia. Dan yang perlu kita ingat, semua harus dimulai dari diri sendiri, karena dengan begitu orang-orang yang ada disekeliling kita akan mengikuti kita karena kita tidak hanya asal bicara melainkan mempraktekannya di depan mereka.
Seperti halnya saat kita membeli sayuran atau benda lain yang ada di pasar, terkadang kita bernegosiasi kepada pedagang untuk memberi potongan harga namun saat di kita berbelanja ke super market harga yang ada tentunya tidak akan bisa ditawar. Dari hal tersebut terlihat jika kita telah memberi supermarket yang tentunya super besar itu dengan keuntungan besar dan kita telah membuat pedagang di pasar menjadi kehilangan keuntungannya. Dengan melakukan hal itu kita bisa memberi para pedagang bantuan untuk meringankan beban hidup mereka meskipun sedikit. Dan juga mengajari anak-anak yang putus sekolah secara sukarela dan memberi mereka motivasi, karena dengan membantu mengajari mereka setidaknya kita telah mengurangi angka buta huruf.
Motivasi yang kita berikan pada mereka dapat membuat mereka bersemangat untuk terus belajar untuk masa depan mereka dan bangsa. Hal lain yang akan saya lakukan untuk membantu kemajuan Indonesia adalah menjaga kebersihan lingkungan dengan membuang sampah pada tempatnya dan mengolahnya menjadi sesuatu yang lebih berguna dan juga penanaman pohon baru menggantikan pepohonan yang telah ditebang sehingga persediaan oksigen cukup bagi kelangsungan hidup makhluk hidup.
Selain itu, saya akan berusaha untuk selalu menggunakan produk-produk buatan bangsa ini, karena dengan melakukan hal tersebut, perekonomian masyarakat dapat terbantu. Dan juga hal itu dapat memotivasi masyarakat untuk selalu berbangga akan produk Indonesia. Mempelajari budaya Indonesia, seperti tarian daerah, makanan daerah dan tradisi tiap daerah akan saya lakukan agar saya memiliki pengetahuan akan budaya Indonesia yang beragam. Sehingga, saya dapat membantu untuk melestarikan budaya Indonesia yang saat ini mulai terlupakan karena zaman yang telah berubah. Mempelajari dan mencintai budaya Indonesia, hal itu sudah seharusnya saya lakukan karena dengan hal tersebut saya dapat memperkenalkan kebudayaan Indonesia pada dunia, sehingga dapat mencegah negara lain yang ingin mengakui kebudayaan Indonesia.
Segala hal tentang harapan dapat terwujud apabila keinginan kuat terpatri dalam diri, tekad yang kuat untuk mewujudkannya dan konsisten dengan apa yang dipilih. Indonesia dengan segala kelebihannya dapat berkembang menjadi lebih baik apabila rakyat Indonesia juga mendukung untuk perubahan tersebut karena Allh SWT tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sebelum kaum itu sendiri yang mengubahnya.

Komentar