Oase ditengah Padang Pasir

Thanks Zen....

            Makasih Zen, dah buat gue makin nyesel
Holla... welcome to my blog....  
Sebelum gue ke inti pembahasan gue mau nyinggung sedikit tentang pemikiran gue selama ini okee... jadi prepare yourself buat baca cerita gue yang emang absurd ini... 😊

            Awal mula cerita ini waktu gue udah masuk pondok, tepatnya pas gue udah kelas tiga atau kelas IX. Sistem kelas ditempat gue belajar sesuai dengan nilai yang kita dapet, kalo nilai lo gede ya lo masuk di kelas B, kelas paling tinggi, tapii kalau nilai lo kecil, lo bakal ada di kelas yang paling bawah. Waktu itu di angkatan gue cuma ada tiga kelas, dan entah kenapa gue bisa duduk di kelas B. Padahal waktu gue kelas 1, gue dapet kelas yah.... lumayan tengah lah kalo dihitung dari B ke W...lo tau apa...gue kelas M, padahal bayangan gue, gue bisa dapet D lah paling gak . Makanya habis itu gue belajar mati-matian, biar gue bisa dapet kelas atas. Alhamdulillahnya pas gue kelas dua, gue dapet kelas D dan B di kelas tiga. Dari kelas tiga itulah gue bertekad buat selalu ada di kelas B sampai kelas enam. Alhamdulillahnya gue bisa mertahanin buat selalu di B, meski nilai gue gak gede-gede amat...:P
            Lo semua tau gak sih...kalo yang namanya mertahanin sesuatu itu lebih berat, lebih susah daripada ngedapetinnya. Itu yang gue rasain, apalagi kalo guru-guru dah bilang kayak gini :
            kalian itu kelas atas harus bisa bawa kelas bawah kalian...
Kalian tau apa rasanya....beratt bangett...ditambah sama pandangan temen temen yang bilang :
            lo kan anak B, jelasin ini dong...jelasin pelajaran itu dong..pasti paham..,
            lo kan anak B, pasti bahasa lo bagus...
Jgerrr...berasa ada petir yang nyambar...padahal mah gue blum bisa apa-apa, gue sama kayak temen temen gue yang laen, gue bisa di kelas B mah gara-gara kecantoll... temen temen gue, guru guru gue pasti nganggep anak B itu pinter, padahal mah enggak. Jujur, gue masih ngerasa kurang dalam banyak hal dibanding temen-temen gue yang laen...
            Anggapan-anggapan mereka itu yang gue jadiin lecutan, kalo gue bisa dan mampu buat ngelakuin semua hal, kalo gue bisa nguasain pelajaran dan gue bisa nguasain bahasa.
            Sayangnya, cara yang gue pilih buat bisa dalam segala hal itu salah, terutama dalam hal pelajaran ya.. Gue emang belajar dikelas, gak pernah bolos, tapi sering tidurr... gue tidur karena gue mikir :
            ya udah sih, gampang kok pelajarannya, ntar tinggal dibaca sendiri, pahamin habis itu dihafal,
Padahal dengerin penjelasan guru itu lebih afdhol ya guyss....., karna ilmu yang ditransfer dari guru itu akan gampang diinget dan bakalan abadi di ingetan kita. Inget diri gue yang selama enam tahun selalu mikir kayak gitu, bikin gue sedih, soalnya sekarang kalo ditanya sesuatu pasti ngawang gitu ☹☹ gak bisa inget, klo inget juga sepotong-potong...nyesek gitu kalo temen-temen laen masih pada inget sama pelajaran-pelajaran dulu...
            Apalagi setelah gue tahu zenius.net, yang mana cara pengajarannya pake konsep bukan hafalan, gue makin nyesel sama apa yang udah gue lakuin dulu dan nyesel karena gue baru kenal zenius di tahun 2018, setelah gue lulus dari sekolah menengah. Zenius bikin gue sadar kalo belajar itu gak sengebosenin namanya, belajar sebenernya asyik asalkan kita tau cara belajar yang seru tuh kayak mana. meski begitu gue gak akan nyerah dalam belajar, better late than never right,,,
           Pemikiran gue dulu tentang belajar emang salah kaprah guyss... Gue belajar biar gue dapet nilai tinggi, biar gue tetep duduk dikelas B dan gue bisa nyenengin orangtua. Padahal berkali-kali guru gue bilang kayak gini :
Masyarakat gak akan nanyain kelas kalian, mereka gak peduli kalian kelas atas atau kelas bawah, mereka cuma peduli kalo ilmu yang kalian dapat selama disini itu udah banyak, makanya setelah kalian balik ke masyarakat, mereka akan nanya ilmu yang kalian dapet.
Gue gak terlalu musingin perkataan guru-guru gue, padahal itu jelas banget buat nyuruh kita-gue dan temen-temen gue- buat paham bener-bener sama pelajaran. Gue gak peduli sama cara belajar gue yang emang salah itu. Gue pahamin sendiri pelajaran yang gue tinggal tidur, habis itu gue hafalin dan setor ke guru gue.
Gini nih,,semua materi-materi dasar di sekolah gue itu diajarin pas gue kelas dua, terutama nahwu dan sharaf. Harusnya gue bener-bener dalam mahamin semua materi dasar itu, sayangnya lagi-lagi gue dulu mikir,
            aah...gampang, ntar klo lupa kan tinggal liat lagi.
Intinya gue belum punya dasar yang kuat buat mahamin pelajaran yang ada di tingkat selanjutnya, makanya sampai detik ini klo misalnya ada guru yang nanya pelajaran-pelajaran dulu gue sering lupa, karena gue emang gak punya fundamental skill yang kuat.
            
Awal mula tahu zenius, gue gak terlalu tertarik, karena gue pikir bisalah gue belajar sendiri buat SBMPTN, tapi pikiran itu gue hapus jauh jauh setelah gue lihat soal-soal SBMPTN tahun-tahun sebelumnya. Gue kaget banget pas liat soal-soal SBMPTN yang gue sama sekali gak tau jawabannya. Dari situ gue mikir, gue butuh temen, gue butuh pembimbing buat berjuang di SBMPTN. And finally...gue pilih zenius buat partner belajar gue.
            
Dari zenius, gue mulai ngerubah cara pandang gue terhadap belajar. Gue dulu beranggapan belajar itu buat dapet nilai bagus doang, kayak yang udah lo semua lihat di atas. Sekarang gue mikir kalo belajar itu bukan sekedar buat nilai bagus doang, dengan gue belajar sesuatu, gue jadi tau asal muasal suatu hal, gue jadi bisa mahamin hal-hal yang terjadi di dunia ini, belajar juga gak punya batas waktu, karna setiap saat kita akan bertemu hal-hal baru, jadi kita bakal mulai belajar lagi dan lagi. Zenius bikin gue nyesel sekaligus tertarik buat belajar terus....never too old to learn. 

Gue yang awalnya selalu ngafalin suatu materi, sekarang lebih merhatiin konsep awalnya. Apalagi yang gue hadepin sekarang adalah SBMPTN, ujian yang baru gue kenal pas gue udah lulus, ujian yang susah dan belibet. Makanya, gue berusaha buat gunain deliberate practice kayak apa yang dijelasin Sabda disini. Meskipun buat nerapinnya susah banget, apalagi belajar pake konsep sedangkan otak gue udah keseringan pake hafalan. But I enjoyed it...
Deliberate Practice
 Dan juga gue ubah cara belajar gue dari yang awalnya time-oriented jadi task-oriented, jadi dulu (bisa dibilang selama enam tahun gue sekolah) deadline gue dalam satu hari, gue harus selesai dua pelajaran di malem hari dan satu pelajaran di pagi hari, tapi sekarang gue ubah jadi lebih realistis (karna emang materinya yang buanyyak banget), jadi gue harus bener-bener paham sama suatu materi selama dua minggu, baru gue ganti ke materi lainnya. Selama dua minggu itu gue gunain buat dengerin video zenius, juga ngulang materi yang blom gue paham dan latihan soal. Gue makasih banget sama Glenn yang udah nulis artikel ini, so inspire... meski gue telat juga bacanya.
punya Zenius....
nie punya gue...

Dari tulisan Glenn juga gue akhirnya buat countdown seadanya, biar gue lebih sadar kalo emang SBMPTN itu bentar lagiii dan waktu yang gue punya itu gak banyak.... and do you know?? Itu ampuh banget buat gue yang emang suka lupa daratan ini guyss...nih punya gue..by the way  ini foto lama ya..
efek zenius guys...

Gue seneng dengerin perkataan Sabda, di zenius learning bagian important thingking skill. Soalnya itu sesuai sama apa yang selama ini ada di piiran gue. Selama ini gue mikir, you can if you think you can, itu yang selama ini gue tanemin dalam diri gue. Dan setelah gue dengerin penjelasan sabda gue baru sadar kalo berpikir positif ternyata emang ngaruh buat diri kita. Karena dengan mikirin sesuatu yang positif contohnya gue cerdas, gue bakal bisa jadi cerdas beneran. Apalagi, kalo hal itu diulang terus menerus dalam pikiran gue, karena secara gak langsung gue udah menstimulus otak gue buat nyari solusi dan kesempatan yang bisa buat gue jadi cerdas.

Maka dari itu, gue tempelin di lemari gue kalo gue itu cerdas, gue bisa masuk UGM lewat SBMPTN, gue itu teliti biar gue selalu inget klo gue bisa dan akan jadi mahasiswi UGM 2019.
gue selalu ulang-ulang di pikiran gue
gue taruh disini biar keliatan setiap gue ngaca:P


Setelah baca artikel Sasa, lo bisa liat disini. Gue ubah tujuan gue jadi lebih spesifik, jadi jalan yang gue ambil buat raih tujuan gue juga jadi lebih sistematis. Gue sadar kalo banyak banget yang pengen masuk UGM, makanya gue bikin tujuan gue lebih spesifik lagi. Lo bisa liat dibawah gue nulis "peraih 20 nilai tertinggi" maksud gue, gue akan jadi 20 orang dengan nilai tertinggi di SBMPTN, jadi gue bisa masuk ke UGM. Aamiin...

Jujur, semakin gue tau zenius, gue makin kesel sama diri gue, kok bisa gue gak tau zenius dari dulu. Apalagi gue baru buka blog-blog zenius baru-baru ini, yang malah bikin gue tambah nyesell....huaaaa *pengennn teriaakkkk . Artikel yang gue baca pertama kali itu tentang dua kapal yang mengubah sejarah dunia,  dari artikel itu gue mulai nyari-nyari artikel-artikel lain yang ada di zenius blog. Pemaparan dan gaya bahasa yang menarik bikin gue ketagihan buat terus baca artikel sejarah yang ditulis Marcel itu, nih buat lengkapnya lo bisa liat disini. Sampai akhirnya gue sadar kalo artikel-artikel yang ada di zenius itu bukan cuma tentang pelajaran doang. Pokoknya zenius udah nyadarin gue akan banyak hal,,,terutama dalam hal belajar ya,,

Jadi buat lo semua yang baru kenal zenius, gue saranin buat ngorek zenius lebih dalem, boleh dibilang taaruf dulu lah... Entah dari artikel-artikel blognya, ato gimana. Pokoknya kalian harus pedekate dulu sama zenius sebelum kalian mulai dengerin videonya zenius. Jangan lupa buat dengerin zenius learning dulu, buat ngebangun mental lo semua. Jangan kayak gue yang langsung loncat ke materi tanpa kenal zenius lebih dalam...:P
Dan sekarang, gue masih terus berjuang buat SBMPTN sama zenius, gue belajar ditengah status gue sebagai mahasiswi, by the way ini SBMPTN pertama gue lho yahh.....Meski ada beberapa hal yang harus direlakan, gue yakin kalo pejuangan gue ini gak akan sia-sia....when there is a will there is a way... iya gak sihh??
Okeii,,,sampai disini cerita gue, isinya emang rada absurd,,,,jadi makasih buat yang mau mampir sejenak,,,



Komentar